Meski Tak Pernah jadi Honorer, 26 Tenaga Kontrak Dinkes Flotim Kembali Bekerja

0
875

Larantuka- Langkah tegas Bupati Flores Timur Antonius Gege Hadjon untuk membatalkan tenaga kontrak di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Flores Timur belum lama ini mendapat apresiasi berbagai pihak. Namun, langkah itu kini dikangkangi pihak Dinkes Flotim. 

Pasalnya, ke 26 tenaga kontrak yang sudah dirumahkan pada Selasa (23/1/2017), kini kembali dipanggil dan langsung mengabdi pada unit kerja yang ditunjuk elite Dinkes. Pada hal, Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli pada Senin (30/1) sudah mengatakan jika ke-26 tenaga honor yang telah mendapat SK Kontrak Daerah tersebut telah dirumahkan. 

Salah satu sumber yang enggan namanya dipublikasikan mengatakan, pada Rabu (24/1)  beberapa diantara tenaga kontrak yang telah dirumahkan itu datang ke Dinkes dan mendapat arahan untuk bekerja. Pada hal menurut dia, 26 tenaga kontrak itu selama ini tidak pernah mengabdi sebagai tenaga sukarela pada Puskesmas dan jaringannya. 

“Mereka tidak dipanggil serentak, namun  terpisah-pisah di setiap harinya,” ujar sumber itu.

Menurut dia, rekrutmen tenaga kontrak Dinkes itu  merupakan titipan yang berasal dari kalangan elite birokrat maupun elite politik. Bahkan, kata dia, ada elite politik di DPRD yang  meski sudah punya banyak titipan, namun masih menelpon untuk menambah titipannya lagi. 

Anehnya lagi meski sebagian dari mereka tidak pernah mengabdi sebagai  tenaga sukarela, namun tetap saja diloloskan. Bahkan, ada yang meski sudah dirumahkan namun disuruh kembali bekerja

“Mereka dipanggil  secara diam-diam dan masuk bekerja. Walau belum semuanya, namun ada beberapa yang sudah dipanggil  secara diam-diam dan sekarang masuk bekerja. Ada pula yang sebelumnya di pecat di SKPD lain, kembali di amankan dengan SK Kontrak Daerah pada Dinkes,” beber sumber itu. 

Hasil penelusuran wartawan, Puskesmas Oka, Lamawalang mendapat penambahan dua tenaga medis baru hasil rekrutan tenaga kontrak daerah tahun anggaran 2018 yang sebelumnya dirumahkan. Dua tenaga medis itu yakni seorang  apoteker dan seorang bidan. 

Penulis : Emnir