Cuaca Buruk, Kepala Syabandar Larantuka  Ancam Cabut ijin Trayek Kapal Motor yang Paksa Berlayar

Cuaca Buruk, Kepala Syabandar Larantuka  Ancam Cabut ijin Trayek Kapal Motor yang Paksa Berlayar

1,998 Read

LARANTUKA– Meski sudah ada himbauan dari BMKG terkait cuaca buruk di perairan Flores dan sekitarnya, namun sejumlah kapal motor di Larantuka, Flores Timur tetap berlayar. Aksi nekad sejumlah nahkoda kapal itu membuat pihak syabandar geram.

Baca juga : Mau Mudik Natal? Ini Jadwal Kapal Pelni yang Siap Melayani Anda

Kepala Syabandar Larantuka, Simon Baon memberi teguran keras bahkan mengancam mencabut ijin trayek pelayaran bagi kapal motor penyebrangan yang paksa berlayar saat  cuaca ekstrem.

“Ada KM. Karya Apolo yang nakal , siang tadi melakukan penyeberangan ke Larantuka-Pamangkayo tanpa kantogi Surat Ijin Berlayar (SIB). Kami akan panggil nahkoda dan ABK untuk beri teguran keras, jika masih membangkang ijin trayeknya dicabut,” ujar Baon kepada wartawan, Sabtu (22/12/2018).

Larangan berlayar itu menyusul surat edaran Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kantor Unit  penyelengara pelabuhan Larantuka No: UM 002/5/19/UPP.LTK-18 kepada seluruh nahkoda kapal, penumpang kapal nelayan, seluruh kepala desa dan lurah berdasarkan data dari BMKG tentang cuaca ekstrem diperairan laut Flores dan sekitarnya.

Sejak dikeluarkan surat himbauan, kapal penyebrangan antar pulau seperti Solor, Adonara dan Lembata diberhentikan semetara waktu.

“Perkiraan BMKG cuaca buruk sampai satu minggu kedepan jadi harus dipatuhi, kami juga sudah beri imbauan ke seluruh kapal penyeberangan,” katanya.

Dia menambahkan, cuaca ekstrem itu merupakan imbas dari badai sikon klana dari Australia hingga ke pulau Flores. Ia mengimbau seluruh kapal penyebrangan antar pulau agar lebih mementingkan keselamatan.

“Untuk hari ini saja mulai dari pukul 9.00 sampai pada pukul 16.00 wita penyebrangan antar pulau di berhentikan karena cuacanya sangat ekstrem. Jika sudah ada imbauan dari BMKG cuaca mulai membaik baru saya bisa izinkan untuk berlayar,” tandas dia. (DT/RS/BR)

Komentar Anda?