Korban Mutasi Adukan Bupati Alor ke KASN 

Korban Mutasi Adukan Bupati Alor ke KASN 

788 Read

KUPANG– Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) melaporkan Bupati Kabupaten Alor, Amon Djobo dan tim Baperjakat ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jakarta, Rabu, 16 Januari 2019.

Baca juga : Kisah Pilu Derita Delti Seo, Siswi SMP Kupang Diperkosa, Hamil Hingga Diterlantarkan

Laporan itu terkait mutasi terhadap 872 ASN yang dinilai menabrak aturan dan bentuk penzoliman ASN.

Alimudin Sengaji, perwakilan ASN mengatakan mutasi yang dilakukan Bupati Alor, terindikasi mengandung unsur perbuatan melawan hukum, dan atau adanya upaya perbuatan melampaui kewenangan dalam hal pemberian sanksi.

“Pemecatan dan non job terhadap ASN oleh bupati Alor tidak didasarkan pada ketetapan UU Nomor 5 Tahun 2014, pada rujukan Bab VIII tentang Manajemen ASN, Bagian Kesatu (Umum) Pasal 51 tentang manajemen ASN diselenggarakan berdasarkan sistem merit,” ujar Sengaji.

Ia mengatakan, laporan mereka sudah diterima KASN dan dalam waktu dekat KASN menurunkan tim ke Kabupaten Alor untuk meminta klarifikasi tim Baperjakat.

Ia mengatakan KASN sangat prihatin dengan kondisi mutasi dan demosi yang terjadi di kabupaten Alor.

“KASN sedang mempelajari laporan kami dan secepatnya menindaklanjuti,” katanya.

Ia menambahkan, korban mutasi dan demosi akan terus melakukan perlawanan hingga hak-hak ASN dikembalikan.

Untuk diketahui, puluhan pejabat eselon 3 dan eselon 4 dinonjobkan pasca terpilihnya kembali Amon Djobo sebagai bupati Alor. Selain nonjob, sebagian pejabat lainnya diturunkan jabatannya. Bahkan, beberapa ASN yang di pindahkan untuk memisahkan suami dan istri dengan tempat tugas yang berjauhan. Ironisnya, nonjob dan penurunan jabatan itu tidak disertai alasan jelas. (DIAN)

Komentar Anda?