Buka Layanan Bantuan Hukum bagi Warga Flotim, PN Larantuka MoU dengan LBH Surya NTT

0
0

LARANTUKA– Guna melayani masyarakat Flores Timur di bidang hukum, Pengadilan Negeri (PN) Larantuka, melakukan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT.

Penandatanganan MoU itu dilakukan di aula PN Larantuka, Kamis (17/01/2019).

Wakil Ketua Pengadilan Negeri, Larantuka Rightmen M.S. Situmorang,S.H.,M.H mengatakan kerja sama tersebut bertujuan memberikan jasa konsultasi kayanan hukum di Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) pada PN Larantuka sebagai bagian dari penyelenggara dan penggunan bantuan hukum di lingkungan Peradilan Negeri  yang bertanggung jawab, berkualitas, dan terkoordinasi demi tercapainya rasa keadilan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat khususnya di kabupaten Flores Timur.

Dalam pelayanan bantuan hukum didasarkan pada prinsip-prinsip keadilan, sederhana, cepat dan biaya terjangkau, non diskriminasi, transparansi, efektifitas, efisiensi, dan bertanggung jawab serta  profesional.

Ia menjelaskan, sebagai pemberi pelayanan Pos Bantuan Hukum, PN Larantuka menyediakan layanan bantuan hukum meliputi pemberian informasi, konsultasi atau advis hukum, bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan, penyediaan informasi daftar organisasi bantuan hukum sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang No 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum atau Organisasi.

Ia menegaskan dengan adanya kerjasama PN Larantuka dengan LBH Surya NTT, apabila terjadi  pelanggaran  dalam isi perjanjian kerjasama tersebut, maka pihaknya akan memberikan teguran lisan, teguran tertulis hingga pemberhentian secara sepihak berupa pemutusan hubungan kerjasama.

Turut hadir dalam penandatanganan MoU itu, pejabat PPK PN Larantuka, Maria Marcela Kolo, Panitra Lahibu Weni dan seluruh staf pegawai PN Larantuka. Sedangkan dari pihak LBH Surya NTT hadir pendiri dan pengawas, Herry f.f. Battileo, SH,.MH, Ketua LBH Surya NTT dan E.Nita Juwita, SH,.MH.(TIM)