Layani Konsultasi Hukum, Pengadilan Agama MoU dengan LBH Surya NTT

Layani Konsultasi Hukum, Pengadilan Agama MoU dengan LBH Surya NTT

194 Read

KUPANG– Setelah menjalin kerjasama dengan Pengadilan Negeri (PN) Larantuka dan PN Kefamenanu, LBH Surya NTT kembali melalukan MoU dengan Pengadilan Agama Klas I B Kupang.

Penandatanganan kerjasama itu dilalukan di Pengadilan Agama Kupang, Jumat (25/1/2019).

Baca juga : Pengadilan Negeri Kefamenanu Jalin Kerjasama dengan LBH Surya NTT

Ketua Pengadilan Agama Kelas I B,  Drs. H Bisman MHI mengatakan pos jasa konsultasi bantuan hukum adalah ruang dan wadah yang disediakan oleh Pengadilan Agama Kupang yang diberikan kepada pemberi layanan bantuan hukum untuk melayani pemohon bantuan hukum dalam hal pemberian advis  atau konsultasi hukum secara gratis.

“Petugas pemberi bantuan jasa konsultasi hukum yang bertugas di Pos Bantuan Hukum (Posbakum) adalah Advokad atau sarjana hukum berdasarkan ketentuan yang diatur dalam perjanjian kerjasama  Pengadilan Agama Kupang dengan PLBH Surya NTT,” katanya.

Dia merincikan, masyarakat pemohon layanan bantuan hukum adalah pencari keadilan baik perseorangan maupun sekelompok orang yang secara ekonomi tidak mampu membayar jasa advokat sebagaimaa diatur dalam lampiran B Surat Edaran Mahkama Agung RI nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum.

“Dalam hal ini bagi masyarakat miskin dapat diberi bantuan hukum dalam berbagai perkara di Pengadilan Agama Kupang melalui PLBH Surya NTT,” ujarnya.

Baca juga : Buka Layanan Bantuan Hukum bagi Warga Flotim, PN Larantuka MoU dengan LBH Surya NTT

Dalam pelayanan bantuan hukum harus adanya keadilan, non diskriminasi, keterbukaan, akuntabilitas, kepekaan gender, perlindungan bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan serta perlindungan khusus bagi kelompok penyandang distabilitas dan perlindungan anak.

Bisman menegaskan akan memberi sanksi apabila ada pihak yang melanggar perjanjian atau kesepakatan yang telah ditandatangani.

“Sanksinya bertahap dari teguran lisan, teguran tertulis hingga pemberhentian secara sepihak berupa pemutusan hubungan kerjasama,” tandasnya.

Hadir dalam acara itu, hakim Drs.  Mansyur, Hakim Moh. Rivai, SHI, Sahbudin Kesi, S.Ag., MH sebagai Panitera Rofian, SHI., MH sebagai Sekretaris, Maryam Abubakar, SH sebagai Panmud Gugatan, Fatimah Mahben, S. Ag sebagai Panmud Permohonan, E. Farihat Fauziah, S. Ag sebagai Panitera Hukum, Hasnawti Ramil, A. Md sebagai staf umum, Sahrim sebagai JSO, Sharwenda, Wahyu Ardiansyah, Adhi Danial Hamid sebagai jurusita, sedangkan dari LBH SURYA NTT, Pendiri dan Pengawas LBH  Herry f.f. Battileo, SH,.MH, Ketua LBH  E.Nita Juwita, SH.,MH.,serta Sekretaris Denete S.L. Sibu, SH dan Melkzon Beri,SH., M.Si,  Ferdi Pegho, SH, Stef M. Dami, SH, Aryt Manil, SH, Victor Berek, SH, Rocky Polin, SH, Adriana Manesat, SH, Samina M. Batjo, SH,  Faula Dewi Assagaf , SH, sebagai kandidat advokat dan paralegal  LBH SURYA NTT. (TIM)

Komentar Anda?