Kelurahan Penfui Minta Tambahan Tempat Sampah

0
0

KUPANG– Kelurahan Penfui, Kota Kupang meminta Pemerintah Kota Kupang segera membangun penambahan tempat sampah di wilayah itu.

“Hanya memiliki tiga tempat sampah saja. Di pasar Penfui, depan gereja dan dan tempat kuliner,” ujar Lura Penfui, Fransisko Dugis kepada wartawan, Minggu, (3/1/2019).

Baca juga : Kupang Kota Kasih Kini Jadi Kota Terkotor, Dimanakah Petugas Kebersihan?

Ia mengatakan, persoalan sampah di Kota Kupang harus diselesaikan secara berkesinambungan. Apabila tempat sampah dibangun, maka harus diikuti dengan mobil pengangkut sampah, agar tidak terjadi penumpukan sampah yang dapat berdampak pada kesehatan lingkungan.

Selain itu, kata dia, mengatasi masalah sampah, butuh kesadaran masyarakat. Karena itu, pihak kelurahan menggandeng berbagai pihak menggelar kerja bakti rutin setiap hari Jumat.

“Kami mengandeng SAR, Wirasaksti dan POM AURI. Giat pemebersihan sepanjang jalan utama, pasar, tempat kuliner sampai gereja,” katanya.

Baca juga : Horor Sampah Menjijikan di Kantor Wali Kota Kupang

Dia menyarankan, agar dinas kebersihan Kota Kupang, menempatkan setiap personilnya di setiap kelurahan dilengkapi sarana prasarana, agar sampah-sampah yang di buang di tempat sampah, langsung diangkut dan dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA).

“Masalah sampah ini sudah kompleks  karena itu saya menyambut baik rencana dinas kebersihan mengandeng setiap kelurahan untuk mengatasi sampah,” tandasnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan juga bisa memilah sampah organik dan nonorganik. (Ref)