Nani Bethan : Gedung DPRD Flotim harus dibangun, saya siap bertanggungjawab

0
0

LARANTUKA- Ketua DPRD Flores Timur (Flotim), Nani Bethan mengatakan rencana pembangunan gedung DPRD Flotim harus direalisasikan karena sejak dibangun, gedung itu belum pernah direnovasi.

“Kantor ini sudah tidak efektif lagi dari sisi konstruksi dan teknisnya sudah tidak pas lagi. Sering terancam terbakar karena instalasi listriknya sudah tua,” ujar Nani saat beraudiens dengan masa aksi dari Solidaritas Ata Kiwan, Senin (18/2/2019).

Baca juga : Aksi Solidaritas Ata Kiwan Dukung Rencana Pembangunan Gedung DPRD Flotim

Meski dibangun gedung baru, kata Nani, gedung lama akan tetap berdiri kokoh dan menjadi ikon atau simbol wibawa daerah dan dijaga sebagai cagar budaya.

Terkait lokasi rencana pembangunan di Kelurahan Waibalun, menurut Nani, karena pertumbuhan ekonomi di Flotim selama ini tidak merata. Radius kota ke arah timur lebih maju daripada ke arah barat. Hal itu disebabkan karena konsep dan pola pembagunan jaman dahulu bersistim desentralisasi.

“Perkantoran-perkantoran pemerintah dibangun terpusat ke arah timur dengan pertimbangan positif waktu itu karena trasportasi belum terlalu memadai serta jangkauaan masyarakat dari pulau Adonara dan Solor lebih mudah. Namun ada juga segi negtifnya yakni melahirkan pertumbuhan sektor rill mikro ekonomi yang terpusat, sehingga seperti kita lihat bahwa perputaran ekonomi hanya berpusat disitu dan tidak berkembang,” katanya.

“Lihat saja mobilitas angkutan barang dari kota ke timur lebih cepat dari pada ke barat. Terlihat pincang karena arah barat merupakan kawasan industri. Jika dilihat dari kepadatan penduduk, lebih banyak ke arah timur sedangkan ke arah barat belum karena fasilitas pemerintah yang dibangun  sentral dan itu menghasilkan pertumbuhan ekonomi disana,” tambahnya.

Ia mengatakan, atas dasar itu pemerintah mulai mereview kembali kebijakan pembangunan menjadi terpisah untuk memancing pertumbuhan ekononi dan pergerakan ekonomi sektor-sektor yang selama ini pincang.

BACA JUGA:   Heboh Temuan Ukiran Kuno Dinding Batu di Flores Timur

Baca juga : Tolak Pembangunan Gedung DPRD, Koalisi Masyarakat Flotim Ngadu ke Gubernur NTT

Menurut dia, pembangunan fasilitas pemerintah yang menyebar akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi merata bahkan mobilitas angkutan barang bisa bergerak merata, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi.

“Jika pembangunan merata maka populasi penduduk juga bisa merata . Kalau sudah ada fasilitas pemerintah maka implementasi pemerintah dari visi dan misi pemerintah defenitif sekarang bahwa desa membangun kota menata maka kota harus mulai ditata untuk kepentingan pembagunan daerah,” katanya.

Sebagai Ketua DPRD, ia mengaku siap bertanggung jawab atas pembagunan gedung DPRD Flores Timur di Kelurahan Waibalun.

“Kalau memang ada hal-hal yang berhubungan dengan hukum saya sebagai ketua DPRD, saya siap bertanggung jawab,” pungkasnya. (OK/DIAN)