SAR Maumere Siap Gelar Pelatihan Keselamatan Bagi Pelajar dan Wartawan

0
24

SIKKA– Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas ke-47 diwarnai aksi sosial SAR Maumere, NTT.

Kepala Kantor SAR Kelas IIB Maumere, I Putu Sudayana mengatakan, SAR Maumere akan terus membangun komunikasi dengan seluruh stekeholder, dan seluruh potensi SAR dengan menggelar Rakorcab daerah yang rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang.

Baca juga : Basarnas Maumere Bagi-bagi Sembako ke Panti Asuhan

Selain Rakorcab daerah, SAR Maumere juga berencana menggelar pelatihan potensi bagi wartawan.

“Nanti perwakilan masing-masing media akan dilatih teknis pertolongan pertama. Jika ada kejadian saat peliputan, wartawan juga bisa melakukan tindakan awal sebelum tim yang kompeten datang,” ujar Putu Sudayana usai apel HUT Basarnas ke-47, Kamis (28/2/2019).

Ia mengatakan, SAR mempunyai beberapa program dasar yang akan dilaksanakan seperti SAR go to school untuk anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menenga Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga ada go to kampus.

“Tujuannya memperkenalkan pentingnya budaya keselamatan (safety) sejak dini, sehingga menjadi kebiasaan dan bisa ditularkan secara langsung kepada lingkungannya,” katanya.

Baca juga : Aksi Sosial Hingga Turnamen Futsal Jelang HUT Basarnas ke-47

Ia berharap dengan momentum HUT ke-47 dijadikan sebagai momen perubahan kinerja bagi seluruh personil.

Krisis Personil dan Peralatan

Ia mengatakan, dalan melakukan misi sosial, SAR Maumere sering mengalami kendala. Selain faktor topografi juga minimnya sarana prasarana dan kurangnya personil.

“Personil SAR Maumere ada 41 orang, ini masih jauh dari harapan. Untuk luasnya wilayah Flores, harus tambah kurang lebih 200 personil,” tandasnya.

“Saat ini hanya ada empat sireder dan 16 raborboot. Ini belum maksimal, perlu penambahan lagi dan sedang diupayakan pimpinan pusat,” tambahnya. (J.Dgz)