Inovasi Pemda Sikka Cegah Anemia Remaja Putri Melalui Fanpage Facebook

Inovasi Pemda Sikka Cegah Anemia Remaja Putri Melalui Fanpage Facebook

203 Read

SIKKA– Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo resmi melaunching fanpage facebook “Sikka cegah anemia remaja putri” di aula Mardiwiyata, jalan Patirangga, Kecamatan Alok, Jumat (1/3/2019).

Aplikasi fanpage ini merupakan gerakan inovatif pemerintah daerah Sikka demi meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang penyakit anemia dan pencegahannya dalam rangka menurunkan prevalensi anemia pada remaja putri di Kabupaten Sikka.

“Saya mengajak segenap masyarakat Nian Sikka, mari kita bergandengan tangan, satu hati, satu bahasa, melangkah maju dengan tekad dan komitmen yang tinggi serta brepartisipasi mewujudkan Sikka sehat dan bahagia 2023,” ujar Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo.

Baca juga : Tak Terima Rambut Anaknya Digunting, Orangtua Murid di Sikka Balas Gunting Rambut Guru

“Mari membangun media belajar bagi remaja putri khususnya pelajar SMA / SMK untuk memahami anemia dengan permasalahannya dan dampak buruknya,” tambahnya.

Ia mengatakan, masalah kesehatan dan gizi di Indonesia menjadi fokus perhatian karena tidak hanya berdampak pada angka kesakitan dan kematian ibu dan anak, namun juga memberikan konsekuensi kualitas hidup individu yang bersifat permanen hingga usia dewasa.

“Timbulnya masalah gizi pada anak usia dibawah dua tahun erat kaitannya dengan persiapan kesehatan dan gizi seorang perempuan untuk menjadi calon ibu termasuk remaja putrid,” katanya.

Remaja putri pada masa pubertas sangat beresiko mengalami anemia gizi besi. Hal ini disebabkab banyaknya zat besi yang hilang selama menstruasi selain itu diperburuk oleh kurangnya asupan zat besi dimana zat besi pada remaja putri sangat dibutuhkan tubuh untuk mempercepat  pertumbuhan dan perkembangan.

“Karena itu remaja putri perlu mengkonsumsi tablet tambah darah secara teratur agar dapat mencegah anemia,” imbaunya.

Ia menjelaskan, remaja dengan anemia akan berpengaruh terhadap prestasi disekolah. Anemia dapat menyebabkab berbagai dampak buruk pada remaja putri dan wanita usia subur diantaranya menurunnya daya tahan tubuh, menurunkan kebugaran dan menurunkan prestasi belajar serta produktifitas kerja.

Untuk mencegah terjadinya anemia pada remaja putri, pemerinatah daerah dan masyarakat perlu memberikan dukungan dan motivasi yang tinggi bagi para remaja putri dengan memberikan informasi yang benar tentang pencegahan dan penanganan anemia pada remaja putri melalui fanpage facebook.

Baca juga : Bakti-Kominfo Akan Bangun 17 BTS dan Akses Internet di Sikka

Ia menambahkan, pelayanan kesehatan peduli remaja yang telah dilaksanakan ditingkat puskesmas dan jaringan serta pelayanan kesehatan pada sanggar kesehatan remaja dan kelompok peduli remaja lainnya yang ada di masyarakat merupakan salah satu bentuk dukungan dalam mempersiapkan remaja yang sehat yang nantinya akan menjadi ibu hamil yang sehat dan melahikan anak bangsa yang sehat, cerdas dan produktif.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, B. M. Klotildis Gandut mengatakan, pesatnya media digital saat ini menjadi alasan dinas kesehatan mengembangkan media promosi kesehatan melalui fanpage facebook dengan nama Sikka cegah anemia remaja putri.

Fanpage ini, kata dia, dapat diakses oleh para remaja dan masyarakat umumnya

“Tujuannya untuk mendukung program pencegahan anemia pada remaja di sekolah,” katanya. (J.Dgz)

Komentar Anda?