Gubernur NTT Ancam Tutup Hotel Milik Herman Heri

0
30

KUPANG– Hari Peduli Sampah Nasional dirayakan dengan aksi bersih-bersih seluruh ASN yang dipimpin langsung Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, Senin (4/3/2019).

Aksi bersih-bersih itu mendadak menjadi aksi pemeriksaan Amdal serta Izin Mendirikan Bangunan (IMB) beberapa hotel berbintang di Kota Kupang, termasuk hotel Sotis milik anggota Komisi III DPR RI, Herman Heri.

Baca juga : Julie Laiskodat Tolak Ditemani Kadis PMD : Gubernurnya gila, istrinya juga gila

Gubernur kesal, karena manejemen hotel Sotis tidak mengikutsertakan karyawannya saat aksi untuk pembersihan sampah. Viktor dengan nada tinggi mengancam akan menutup aktivitas hotel Sotis Kupang.

“Kalo dia (karyawan) nggak turun, tutup ini hotel, kemarin dia ikut rapat tetapi dia nggak turun hari ini, tutup. Saya tidak peduli,” tegasnya.

Baca juga : Pernyataan Kontroversi Wakil Gubernur NTT Picu Aksi Protes Mahasiswa

Bahkan dirinya langsung memerintahkan dinas terkait, segera membentuk tim untuk menelusuri seluruh izin, lantaran dinilai tidak peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Kamu lihat nabrak atau tidak, ya udah kamu panggil ukur dimana sampai dimana langsung bongkar, nggak ada kompromi ya langsung bongkar. Nggak ada kompromi sudah nabrak aturan tapi tidak mau bersihin sampah di lingkungannya. Dengar ya, tidak ada kompromi. Mau siapa pun bilang itu perintah gubernur mulai hari ini. Kau nggak usah pungut sampah, pulang aja bentuk tim dan langsung kesini,” kata Viktor kepada salah satu stafnya.

Menurut Viktor, pihaknya akan menertibkan seluruh Amdal beserta tata ruangnya. Batas-batas yang boleh di bangun dari pesisir pantai, akan diukur kembali lantaran dirinya melihat hotel- hotel yang beroperasi di pinggir pantai tidak peduli terhadap lingkungan.

“Ayo periksa ni, dia nabrak nggak kalo nabrak dibubarkan. Tolong dicek, ini perintah. Undang-undang pesisir masuk konservasi ini, harus periksa ni nabrak badan pantai,” kata Viktor.

Aksi bersih dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2019 hari ini, diikuti oleh ribuan Aparatur Sipil Negara dan masayarakat. Ribuan orang ini dibagi ke enam titik, untuk membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang bibir pantai. (DIAN)