SAR Maumere Kirim Personil Tambahan ke Labuan Bajo, 4 Korban Ditemukan

SAR Maumere Kirim Personil Tambahan ke Labuan Bajo, 4 Korban Ditemukan

193 Read

Labuan Bajo- Pasca longsor di Manggarai Barat yang menimbun sedikitnya delapan warga, Tim Sar Maumere terjun ke lokasi guna melakukan upaya evakuasi korban.

“Sebanyak enam personil tambahan terdiri dari empat orang dari SAR Maumere dua dari pos siaga SAR Ende.
Tim dilengkapi peralatan evakuasi darat dan lampu penerangan darurat,” ujar Kepala Kantor Sar Kelas IIB Maumere, I Putu Sudayana, Sabtu (9/3/2019).

Baca juga : Badai di Labuan Bajo, 8 Meninggal Dunia, Jaringan Telkomsel Putus Total

“Butuh personil banyak karena lokasi kejadian sulit dijangkau. Longsor paling parah di desa Culu, Kecamatan Bliling. Delapan warga tertimbun longsor, jaringan komunikasi putus total dan beberapa jembatan nasional putus,” tambahnya.

Ia mengatakan, aktivitas pencarian korban sempat terhambat karena cuaca belum mendukung. Tim Sar Manggarai Barat menuju ke desa Culu sempat tertahan di desa Molu karena putusnya ruas jalan.

“Kondisi cuaca di daerah lokasi bencana hujan lebat, jadi untuk operasi pencarian dan evakuasi korban dihentikan mulai pukul 13.00-15.00. Ini untuk antisipasi adanya longsor susulan,” katanya.

Baca juga : Jembatan Nasional di Labuan Bajo Putus Akibat Banjir

Ia menjelaskan, delapan korban yang tetimbun longsor, empat dintaranya sudah berhasil dievakuasi dan lainnya masih dalam pencarian.

Saat ini proses pencarian masih menggunakan alat seadanya karena alat bantu besar seperti doser dan excavator belum bisa sampai ke lokasi kejadian.
Proses pencarian korban melibatkan seluruh unsur termasuk Pemda Manggarai Barat (Mabar) yang dipimpin langsung bupati Mabar, Wakil Bupati Mabar, Kapolres Mabar dan dari Pos Sar langsung dipimpin oleh Korpos.

“Warga yang terdampak dievakuasi ke rumah ibadah, Puskesmas dan kantor desa terdekat,” tandasnya. (J.Dgz)

Komentar Anda?