Basarnas Gelar Forum Koordinasi Potensi dan Pertolongan di Maumere

Basarnas Gelar Forum Koordinasi Potensi dan Pertolongan di Maumere

96 Read

SIKKA-Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) akan menyelenggarakan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) untuk wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Kabupaten Sikka.

Forum ini melibatkan unsur Forkompimda Kabupaten Sikka, juga diikuti potensi SAR seperti Mapala UNIPA, PMI, pemilik hotel yang ada di Kabupaten Sikka, Pramuka, Komunitas Motor dan Mobil dan Pertamina.

“Forum ini bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi dan koordinasi seluruh stakeholder bidang pencarian dan pertolongan (SAR) yang ada di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan  Maumere,” ujar Kepala Kantor Sar Kelas IIB Maumere, I Putu Sudayana saat menggelar rapat, Rabu (13/3/2019).

Baca juga : Perjuangan Tim SAR Maumere Selamatkan Nelayan yang Hilang Saat Melaut

Ia mengatakan, forum ini nantinya diharapkan dapat menyatukan visi maupun misi dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan saat terjadi kondisi kedaruratan di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas potensi pencarian dan pertolongan melalui perencanaan dan penyusunan program-program kerja di masa yang akan datang.

Kegiatan yang bertemakan “Dengan Sinergitas dan Soliditas, Basarnas Bersama Potensi SAR Bertekad Mewujudkan Pelayanan SAR yang Cepat dan Prima” ini rencananya akan dibuka oleh Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Pertama TNI F. Indrajaya, S.E.,M.M.

Baca juga : SAR Maumere Kirim Personil Tambahan ke Labuan Bajo, 4 Korban Ditemukan

Ia menambahkan, FKP3 juga akan membahas substansi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, khususnya profile Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, sosialisasi peraturan-peraturan tentang pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan, Manajemen Posko berupa Pelibatan Potensi dalam Operasi Pencarian dan Pertolongan, Validasi Data Base Potensi Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, serta Perencanaan Program FKP3 dan Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan. (J.Dgz)

Komentar Anda?