Basarnas Maumere Kekurangan Personil

Basarnas Maumere Kekurangan Personil

126 Read

SIKKA– Direktur Bina Potensi
Marseka Pertama TNI F Indrajaya mengatakan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Klas IIB Maumere, Kabupaten Sikka masih kekuranga personil.

Selain personil, sarana dan prasarana yang dimiliki kantor Basarnas Maumere juga masih terbatas.

“Ini memang Kantor SAR baru sehingga alutista yang dimiliki belum semua bisa diberikan kepada seluruh pos SAR yang ada di Maumere. Masih terkendala dengan anggaran,” ujar Indrajaya melalui pres rilis yang diterima media ini, Rabu (13/3/2019).

Baca juga : Basarnas Gelar Forum Koordinasi Potensi dan Pertolongan di Maumere

Saat ini, personil kantor SAR Maumere berjumlah 28 orang dan dibagi dalam empat pos SAR yakni kantor SAR Maumere, Pos SAR Labuan Bajo, Pos SAR Ende dan Pos SAR Alor.

Masing- masing pos dengan jumlah personil, 5 orang untuk Pos Sar Labuan Bajo, Pos Sar Ende 3, Pos Sar Alor 4 orang dan sisanya berada di Kantor Sar Maumere.

“Jumlah personil ini memang sangat terbatas. 28 orang personil ini tidak bisa semuanya diberikan pada 1 pos saja ini harus dibagi sehingga kantor Sar yang ada di Maumere akan lebih banyak personilnya karena di Maumere lebih banyak bencana dan musibah,” tandasnya.

“Kalau ada kebutuhan pertolongan dan personil tambahan maka kantor SAR Maumere harus memberikan pertolongan ke beberap pos yang menjadi wilayah kerjanya,” tambahnya.

Butuh Dukungan Pemda

Ia mengatakan, kurangnya personil di Kantor SAR Maumere, maka sangat dibutuhkan personil potensi yang ada di Kabupate Sikka. Karena itu, Basarnas akan menggelar Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) tingkat daerah wilayah kerja kantor pencarian dan pertolongan Maumere.

“Forum ini dibentuk untuk bisa mengkoordinasikan potensi yang ada di Kabupaten Sikka baik TNI, Polri, pemerintah maupun lembaga swasta lainnya, supaya bisa saling membantu saat pelaksanaan operasi Sar di daerah Kabupaten Sikka,” ungkapnya.

Baca juga : Perjuangan Tim SAR Maumere Selamatkan Nelayan yang Hilang Saat Melaut

“Koordinasi yang sudah terjalin dengan baik dengan TNI, Polri maupun dari pemerintah kabupaten semoga lebih akrab, sinergi dan sinergitas. Apabila ada operasi SAR yang harus segera ditangani maka yang terdekat itulah yang bisa memberikan pertolongan,” tandasnya.

Ia berharap dukungan dari pemerintah daerah agar kekurangan personil maupun sarana prasarana SAR Maumere bisa segera teratasi. (J.Dgz)

Komentar Anda?