Perjuangan Tim SAR Maumere Selamatkan Nelayan yang Hilang Saat Melaut

0
2

SIKKA– Mengemban misi kemanusiaan, petugas SAR selalu mengedepankan keselamatan target dalam setiap operasi. Seperti dilakukan Tim SAR Maumere dalam operasi penyelamatan seorang nelayan yang dikabarkan hilang saat melaut.

Angin kencang yang melanda wilayah Maumere, Kabupaten Sikka, Minggu (10/3/2019) siang, mengakibatkan seorang nelayan warga Nangahure, Kecamatan Alok Barat, Kabupeten Sikka dikabarkan hilang. Perahu nelayan itu dihantam angin dan kemasukan air.

Baca juga : SAR Maumere Kirim Personil Tambahan ke Labuan Bajo, 4 Korban Ditemukan

Mendapat laporan warga, Tim SAR langsung bergerak. Upaya penyelamatan pria yang diketahui bernama Martinus Valentinus Diaz (34) ini menuai hasil. Ia berhasil diselamatkan Tim SAR saat tak berdaya di tengah laut.

“Saat ditemukan, ia masih bisa bertahan karena terus memegang sampan yang dipakainya saat mencari ikan. Korban saat itu berada pada koordinat 8″33’21.94″5-122’9’45.19″E dengan radial 315,47″ dan jarak 3,53 NM dari pelabuhan Wuring Maumere,” ujar Kepala Kantor Sar Kelas IIB Maumere, I Putu Sudayana kepada wartawan belum lama ini.

“Kami terima laporan pada pukul 14.45 wita dan tim langsung bergerak dengan 1 buah perahu karet,” tambahnya.

Baca juga : Basarnas Maumere Bagi-bagi Sembako ke Panti Asuhan

Saat ditemukan, kondisi korban sangat lemas bahkan sempat pingsan. Korban kemudian dievakuasi ke dermaga Lanal untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter dari Lanal Maumere.

Operasi SAR ini merupakan operasi gabungan dari Kakansar Maumere, Lanal Maumere dan Tagana serta kerabat korban menjadi penunjuk arah. (J.Dgz)