Perum Jamkrindo Tekad Tingkatkan Semangat Kewirausahaan

Perum Jamkrindo Tekad Tingkatkan Semangat Kewirausahaan

57 Read

MAUMERE– Perum Jamkrindo berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan di masyarakat. Komitmen itu diimplementasikan melalui seminar di Universitas Nusa Nipa Maumere serta Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

Selain usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), komitmen mengembangkan UMKM dan menumbuhkan semangat kewirausahaan juga dilatarbelakangi oleh tingginya serapan tenaga kerja dari sektor ini. Sementara kontribusi UMKM terhadap perekonomian masih relatif kecil.

Baca juga : Peduli Kesehatan Masyarakat, Kimia Farma Buka Apotik Ketiga di Sikka

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto menjelaskan, pengembangan UMKM dan menumbuhkan semangat kewirausahaan selaras dengan upaya untuk meningkatkan peran dalam perekonomian.

”Ini merupakan kontribusi nyata perusahaan untuk hadir di tengah masyarakat dan bersama-sama dengan masyarakat ingin meningkatkan kontribusinya bagi negeri,” ujar Randi.

Perum Jamkrindo melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan semangat kewirausahaan dan memperluas skala usaha UMKM.

Kegiatan yang telah dilaksanakan, antara lain peningkatan UMKM dan konsultasi manajemen, program kemitraan dan bina lingkungan, serta sejumlah kegiatan lain yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan banyak pihak.

Kegiatan terbaru yang dilaksanakan oleh Perum Jamkrindo dalam rangka meningkatkan semangat kewirausahaan adalah melalui kuliah umum di perguruan tinggi oleh Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko dalam Kuliah umum Self Strong Leasership sebagai fondasi membangun semangat kewirausahaan dalam prefentif revolusi industri 4.0, di audotirium Nawacita Unipa maumere, kamis (28/3/2019) pagi.

Kegiatan tersebut sekaligus merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Perum Jamkrindo ke-49 pada 1 Juli melalui kegiatan Jamkrindo Peduli Pendidikan.

Perubahan Lingkungan Bisnis

Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko mengatakan, untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan, ada beberapa hal yang akan terkait, antara lain kepemimpinan dan  perubahan lingkungan bisnis.

”Semangat berwirausaha harus terus didorong karena kewirausahaan itu mesti bisa menjawab persoalan dengan solusi yang berasal dari ide baru. Ada kesempatan, lalu menawarkan solusi dengan ide baru untuk menjawab persoalan,” ujar Sulis.

Baca juga : 2 Anggota Polres Sikka Ditangkap Saat Asyik Pesta Sabu

Kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, menurut Sulis sangat penting, termasuk perubahan lingkungan bisnis akibat revolusi industri 4.0.

”Perubahan lingkungan bisnis akan terus terjadi. Kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan lingkungan akan menentukan eksistensi usaha. Ke depan, perubahan lingkungan harus dianggap sebagai sesuatu yang biasa, tetapi yang paling penting adalah respons dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis tersebut,” katanya.

Selain perubahan lingkungan bisnis, faktor kepemimpinan juga sangat penting bagi tumbuhnya semangat kewirausahaan. Kemampuan memimpin diri yang kuat akan menentukan keberhasilan sebuah usaha dan harus terwujud dari ide-ide sederhana. Kuliah umum di Universitas Nusa Nipa diikuti oleh sekitar 400 mahasiswa.

Semangat Mahasiswa

Rektor Universitas Nusa Nipa Angelinus Vincencius mengatakan, kuliah umum bertema kewirausahaan sangat penting untuk memompa semangat mahasiswa dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis.

Melalui kuliah umum tersebut, mahasiswa diharapkan bisa memahami model pengembangan diri yang tepat dan memberi bekal pengetahuan untuk menjadi wirausaha.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada Perum Jamkrindo yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan UMKM dan kewirausahaan, termasuk melalui kuliah umum di kampus. Pengembangan UMKM merupakan tanggung jawab bersama sehingga kolaborasi Unipa dan Perum Jamkrindo merupakan strategi yang tepat untuk merespons perubahan lingkungan bisnis,” kata Angelinus.

Tentang Perum Jamkrindo 

Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) adalah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang penjaminan dengan produk program dan nonprogam.

Produk untuk mendukung program pemerintah adalah penjaminan kredit usaha rakyat (KUR), penjaminan kredit pemilikan rumah (KPR) sejahtera dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), dan penjaminan sistem resi gudang.

Adapun produk non-program adalah penjaminan kredit/pembiayaan umum, penjaminan kredit/pembiayaan mikro, penjaminan kredit/pembiayaan konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan kredit/pembiayaan multiguna, penjaminan distribusi barang, penjaminan bank garansi/kontra garansi, surety bond, penjaminan kredit BPR/BPRS, custom bond, penjaminan keagenan kargo, penjaminan invoice financing, penjaminan skema subsidi resi gudang, dan penjaminan fintech.

Selain itu, Perum Jamkrindo juga melakukan pemeringkatan UMKM. Saat ini, Perum Jamkrindo memiliki jaringan kerja di 9 kantor wilayah, 1 kantor cabang khusus, 56 kantor cabang, dan 16 kantor unit pelayanan. (J.Dgz)

Komentar Anda?