Cara GP Ansor dan Banser NTT Tangkal Isu Hoax Lewat Gerakan Rabu Putih

Cara GP Ansor dan Banser NTT Tangkal Isu Hoax Lewat Gerakan Rabu Putih

91 Read

KUPANG– Maraknya hoaks, fitnah dan ujaran kebencian dan isu SARA yang mewarnai konstestasi politik dalam beberapa bulan terakhir khususnya di media sosial, memicu Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor mendeklarasikan gerakan sosial secara nasional yakni gerakan “Rabu Putih”.

Baca juga : Gerindra NTT : Komodo Saja Teriak 02, Bae Sonde Bae Prabowo-Sandi Lebe Bae

Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor NTT, Abdul Muis menjelaskan, gerakan Rabu Putih yaitu sebuah gerakan masyarakat yang bertujuan memaksimalkan tingkat partisipasi pemilih Indonesia datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya/mencoblos pada Pemilu 17 April 2019 secara bebas dan nyaman tanpa rasa takut atau merasa terintimidasi oleh kelompok manapun.

“Sudah berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Sekitar 500 hingga 1000 anggota GP Ansor dan Banser NTT diterjunkan dalam gerakan ini,” ujar Muis saat menggelar konferensi pers di Kantor Sekertariat Bersama NU di Kupang, Minggu (31/3/2019).

Menurut dia, GP Ansor memandang fenomena hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian telah mengakibatkan masyarakat terbelah dan mulai timbul rasa saling tidak percaya di tengah masyarakat. Jika hal ini terus dibiarkan, kata dia, akan merusak tatanan kehidupan bernasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca juga : Reaksi Keras Gidion Mbilijora Tanggapi SK Pencopotan dari DPD I Golkar NTT

GP Ansor terus mendorong sekaligus percaya terhadap kekuatan Polri dan RNI bertindak profesional dalam menjamin stabilitas politik dan keamanan Pemilu 2019.

“Tidak ada kaitan dengan salah satu Capres, ini murni gerakan sosial,” katanya.

Ia meminta masyarakat NTT tidak mempercayai isu akan adanya kerusuhan menjelang dan pasca Pemilu 2019 dab tidak perlu kuatir akan adanya intimidasi dari kelompok tertentu.

“Mari kita perangi hoaks fitnah dan ujaran kebencian dan ciptakan kesejukan dan kedamaian agar Pemilu berjalan aman,” pungkas dia. (Dian)

 

 

Komentar Anda?