13.001 Kaum Difabel di NTT Gunakan Hak Pilih

13.001 Kaum Difabel di NTT Gunakan Hak Pilih

118 Read

KUPANG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat, sebangak 13.001 kaum disabilitas menggunakan hak pilihnya pada Pemilu, Rabu 17 April 2019, besok.

“Khusus pemilih difabel tuna netra dan tuna dasa juga pemilih lanjut usia yang berhalangan fisik wajib didampingi saat pencoblosan,” ujar Ketua KPU NTT, Thomas Dohu kepada wartawan, Selasa (16/4/2019).

Baca juga : Kapal Perang Lantamal VII Bantu Distribusi Logistik Pemilu ke Daerah Terisolir di NTT

Untuk melayani kaum difabel, KPU NTT telah menginstruksikan seluruh KPPS untuk membuat TPS yang ramah difabel atau aksefabel. Pelayanan di seluruh TPS, akan memprioritaskan pemilih yang bekebutuhan khusus. Sementara untuk pemilih yang saat ini sedang di rumah sakit, hingga H-1 tidak ada satu pun keluarga pasien yang melaporkan ke KPU.

“Semua TPS yang disediakan, kaum difabel selalu diprioritaskan, sehingga memudahkan mereka menggunakan hak pilih,” katanya.

Ia mengatakan, hingga H-1, distribusi logistik surat suara ke seluruh wilayah di NTT sudah terlaksana. Meski demikian, ia mengaku ada beberapa kecamatan yang belum menerima logistik karena terkendala cuaca.

“Seperti di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dari11 kecamatan,.7 kecamatan sudah didistrbusikan, sementara empat lainnya belum karena terkendala hujan deras. Tetapi, prinsipnya malam ini semua akan sampai ke TPS,” tandasnya.

Baca juga : KPU Siapkan Opsi Penundaan Rekapitulasi Suara Pemilu di Flores Timur

Ia menjelaskan, total surat suara yang didistribusikan sebanyak, 17.331.000 untuk 14.979 TPS di NTT dari total pemilih 3.391.616 pemilih.

“Surat suara yang tidak digunakan karena lebih dan rusak, malam ini kita musnahkan,” pungkasnya. (Dian)

Komentar Anda?