NTT Distribusi Logistik Pemilu Gunakan Pesawat Hercules

0
0

KUPANG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta bantuan Angkatan Udara Tentara Nasional Indonesia (TNI AU) untuk mendistribusikan logistik pemilu ke Pulau Flores pada H minus 2 penyelenggaraan Pemilu.

Sekitar 800 ribu lebih lembar surat suara pengganti surat suara rusak, Senin, 15 April 2019 dikirim menggunakan pesawat hercules milik TNI AU ke dua daerah di Pulau Flores yakni Maumere dan Labuan Bajo.

Baca juga : Dugaan Politik Uang di Lembata, Caleg Partai Garuda Diperiksa Panwascam

Pendistribusian logistik pemilu itu menggunakan dua pesawat Hercules dengan nomor 1316 dan 1332 yang didatangkan dari Malang.

“NTT dikatakan berada di zona merah untuk distribusi logistik pemilu. Dengan adanya dua Hercules menjadi jawaban terselesaikan masalah logistik pemilu di NTT,” kata Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) El Tari Kupang, Kolonel penerbang Arief Hartono kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

KPU NTT berharap logistik yang dikirim menggunakan pesawat Hercules ini diupayakan akan tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa, 16 April 2019 malam, sehingga bisa digunakan pada pemungutan suara, Rabu, 17 April 2019.

Baca juga : Ada Gerakan Ganti Presiden, Hugo Pareira : Pilih Jokowi berarti mempertahankan Pancasila

Menurut dia, logistik yang diangkut dengan pesawat Hercules untuk daratan Flores yaitu Sikka untuk melayani Nagekeo, Ngada, Ende, dan Lembata, sedangkan titik yang kedua diturunkan di Labuan Bajo untuk melayani Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat.

“Ada dua titik untuk pendistribusian logistik yakni Sikka dan Labuan Bajo,” katanya.

Sedangkan distribusi logistik pemilu untuk wilayah Sumba, Alor, Rote dan Sabu, KPU masih berkoordinasi dengan Pol Air dan TNI Angkatan Laut untuk menggunakan jalur laut. (Dian)