Jaminan Asuransi Hingga Life Jacket dari Jasa Raharja untuk Peziarah Semana Santa

0
0

KUPANG– PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Timur memastikan akan melindungi kapal penumpang yang mengangkut peziarah semana santa di Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Upaya ini dilakukan sebagai langkah preventif pemerintah dalam memberikan perlindungam dasar bagi masyarakat pengguna transportasi khususnya di laut.

“Sudah ada perjanjian kerjasama antara pemilik kapal dan PT Jasa Raharja (Persero) yang difasilitasi oleh Dinas Perhubungan dan Syahbandar,” ujar Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Nusa Tenggara Timur, Prastio Surahmanto kepada wartawan, Jumat (18/4/2019).

Baca juga : Pengusaha Pelra di Pulau Semau MoU dengan Jasa Raharja

Ia mengatakan, semua kapal yang telah menandatangani kerjasama adalah kapal penumpang yang sah karena telah mendapat Ijin resmi dari Instansi yang berwenang.

“Iuran wajib yang kita pungut khusus bagi kapal penumpang yang sah karena telah mendapat ijin resmi dari syahbandar dan dinas perhubungan kabupaten Flores Timur,” katanya.

Pada 1 Juli 2017, pemerintah telah efektif memberlakukan Peraturan Menteri Keuangan No.15/PMK.010/2017 tentang besar santunan dan iuran wajib dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang alat angkutan penumpang, sehingga wajib hukumnya pengusaha angkutan umum menyalurkan iuran wajib yang telah dipungut dari penumpang kepada badan asuransi yang ditunjuk oleh menteri dalam hal ini Jasa Raharja.

Hibahkan Life Jacket

Selain menjamin asuransi, PT Jasa Raharja juga menyerahkan sarana penanggulangan kecelakaan berupa life jacket bagi kapal penumpang yang mengikuti prosesi laut.

Baca juga : Santunan dari Jasa Raharja untuk Keluarga Kristina Korban Kecelakaan Maut di Manggarai Barat

Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja (Persero) Ende, Achmad Nurdin yang didampingi tim operasional.

Life jacket merupakan piranti penyelamat yang paling vital saat terjadi kecelakaan di laut yang dapat digunakan para penumpang apabila sewaktu waktu terjadi resiko kecelakaan di laut. (Dian)