Firasat Buruk Anak Nelayan Selamatkan Nyawa Ayah dari Kepungan Api

Firasat Buruk Anak Nelayan Selamatkan Nyawa Ayah dari Kepungan Api

305 Read

KUPANG– Nitanael Sa’u (59), warga RT 04, RW 01, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT pasrah ketika rumahnya ludes dilalap jago merah, Senin, (22/4/2019) sekitar pukul 03.00 wita.

Rumah yang dihuni bersama kedua anaknya itu kini hanya tersisa puing. Meski ia bersama anaknya lolos dari kepungan api, namun tak ada perabot rumah yang mampu diselamatkan.

Baca juga : Kampung Adat Tarung Sumba Barat, Riwayatmu Dulu

Peristiwa kebakaran itu terjadi saat seluruh penghuni rumah tertidur pulas. Beruntung, saat api menjalar mengepung rumah, anaknya, Selvi Sa’u (19) terbangun. Firasat buruk gadis ini mendorongnya untuk segera membangunkan ayah dan saudaranya, Yeskiak Sa’u yang saat itu tertidur.

Ia mengatakan, api itu bersumber dari ruang tamu. “Kami berteriak meminta bantuan tetangga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya,” tutur Selvi.

Sementara Nitanael Sa’u menuturkan, sebelum kebakaran, sekitar pukul 21.00 wita, ia keluar dan hendak ke kamar mandi. Saat itu ia melihat ada seorang pemuda bernama, Dedi Nea tertidur di depan rumahnya.

Ia kemudian membangunkannya dan menawarinya tidur di dalam rumah, namun Dedi tidak menanggapinya.

“Karena dia (Dedi) tidak mau, saya kemudian masuk ke kamar tidur. Pintu depan rumah tidak dikunci,” ujarnya.

Baca juga :30 Rumah Kampung Adat Tarung Sumba Barat Terbakar

Kapolsek Kelapa Lima, AKP Didik Kurnianto saat dikonfirmasi mengatakan, setelah menerima laporan, polisi langsung mendatangi lokasi kejadian.

Dari hasil olah TKP dan pemeriksaan beberapa saksi, kata Didik, tidak menutup kemungkinan kebakaran itu sengaja dilakukan oleh seseorang.

“Ada indikasi dibakar, karena korban dan warga menemukan satu buah jerigen minyak tanah di TKP,” kata Didik.

Ia menambahkan, setelah api berhasil dipadamkan, Dedi Nea yang sebelumnya tidur di depan rumah korban menghilang. Bahkan, hingga kini tidak tidak diketahui keberadaaanya.

“Kemungkinan Dedi mengetahui peristiwa kebakaran itu,” tandasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian material diperkirakan lebih dari Rp.50 juta. Kasus ini sedang dalam proses penyelidikan unit Reskrim Polsek Kelapa Lima. (Dian/L6)

 

Komentar Anda?