Polres Sikka Gelar Operasi Keselamatan Turangga 2019 Hingga Sosialisasi Tertib Lalu Lintas

Polres Sikka Gelar Operasi Keselamatan Turangga 2019 Hingga Sosialisasi Tertib Lalu Lintas

244 Read

MAUMERE– Demi meningkatkan keselamatan berlalulintas, Kepolisian Resort Sikka melalui Satuan Lalu Lintas melakukan operasi keselamatan turangga 2019 di wilayah Kabupaten Sikka. Operasi ini digelar sejak 29 April 2019 hingga Minggu, 12 Mei 2019.

“Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari. Hari ini merupakan hari ke lima pelaksanaan operasi Keselamatan turangga 2019,” ujar Kasat Lantas Polres Sikka Iptu Leyfrids Didrak Mada, SH kepada wartawan, Kamis (3/5/2019).

Baca juga : Polres Sikka Sidak Toko Penjual Knalpot Racing

Ia mengatakan, operasi keselamatan turangga 2019 dilaksanakan secara serentak se-Indonesia menjelang operasi ketupat 2019 dan pasca Pemili 2019.

Operasi ini digelar untuk menjalankan fungsi lalu lintas dalam rangka upaya preventif oleh Kepolisian Republik Indonesia terkait dengan keselamatan berlalu lintas.

Untuk keselamatan turangga 2019 sendiri, ia meminta agar dilakukannya pembinaan mental oleh orang-orang terdekat dari setiap pengendara untuk selalu sadar dan tertib berlalulintas baik dari pribadi pengendara maupun kendaraan yang digunakan oleh pengendara.

“Setiap masyarakat harus selalu menumbuhkan sikap sadar akan pentingnya keselamatan berlalulintas,” katanya.

Baca juga : Millenial Road Safety Festival, Kapolres Sikka : Kaum mileniel harus jadi contoh

Secara khusus untuk wilayah hukum Polres Sikka, kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas masih sangat rendah sehingga menyebabkan tingginya angka kecelakaan.

“Sadar untuk penggunaan helm sendiri masih sangat rendah serta pelanggaran-pemanggaran lainya seperti tidak miliki SIM dan STNK, ngebut-ngebutan di jalan raya hingga menggunakan knalpot racing,” tandasnya.

Ia mengimbau pengguna jalan untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan sebelum berpergian serta melengkapi surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK.

“Saya selaku Kasat Lantas Polres Sikka sangat berharap dengan adanya operasi ini masyarakat bisa semakin sadar untuk tertib berlalulintas,” imbuhnya.

Sosialisasi Tertib Berlalulintas

Ia mengatakan, selain melakukan operasi penertiban, Sat Lantas Polres Sikka juga melakukan sosialisasi tertib lalulintas ke sekolah-sekolah secara berkala.

Giat sosialisasi itu lebih ditekankan pada nilai-nilai edukasi tentang tertib berlalu lintas ke sekolah-sekolah hingga para pengguna jalan.

Upaya mensosialisasikan tentang pentingnya tertib berlalulintas itu kata dia, sebagai bentuk upaya preventif dan represif demi menjamin keselamatan berlalu lintas. upaya ini dilakukan juga untuk mengenalkan informasi dan tata tertib dalam berlalu lintas sejak dini.

“Pada operasi ini kita lebih bersifat edukasi, mengajak masyarakat untuk taat berlalulintas,” jelasnya. (J.DGz)

Komentar Anda?