Hardiknas, Momentum Memperbaiki Mutu Pendidikan NTT

Hardiknas, Momentum Memperbaiki Mutu Pendidikan NTT

71 Read

KUPANG– Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTT, Muhamad Irfan mengatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2019 merupakan momentum untuk memperbaiki mutu pendidikan di NTT.

“Ini momentum untuk melakukan evaluasi hasil kerja setahun. Jika belum capai target maka akan dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di tahun berikutnya. Perlu kerja keras untuk mendapatkan hasil yang baik,” ujar Irfan saat memimpin upacara Hardiknas.

Baca juga : Tilep Dana BOS, Kepsek dan Bendahara SDI Liliba Jadi Tersangka

Ia mengatakan, langkah yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan adalah, tetap mengawal standar-standar pendidikan dengan memperbaikinya dan menguatkan standar-standar yang memang masih lemah, terutama standar pendidik, sarana dan prasarana.

“Harus ada perbaikan melalui penguatan dalam pelaksanaan UN. Dari hasil pendidikan akan dilihat bagaimana indikator keberhasilan dalam melaksanakan UN,” katanya.

“Data yang didapatkan dari Jakarta bahwa, ada 100 siswa siswi dari Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Nusa Tenggara Timur mendapatkan nilai tertinggi yaitu 100 dan hasil tersebut akan dambil minggu depan. Dari hasil yang dicapai oleh siswa siswi ini maka ini menunjukan adanya suatu keberhasilan,” tambah Irfan.

Ia berharap lembaga pendidikan baik itu dari dinas pendidikan, LPMP, BP Paud Dikmas senantiasa bersatu dan bergandengan tangan memberikan satu semangat untuk pemerintah daerah.

“Berhenti mengeluh tentang sarana dan prasarana yang kurang karena itu bukan satu hambatan untuk melakukan yang terbaik untuk pendidikan di NTT,” tandasnya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy dalam sambutannya melalui Kepala LPMP NTT, Muhamad Irfan meminta agar momentum Hari Pendidikan Nasional 2 mei 2019 dijadikan konsentrasi segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Pantauan wartawan, upacara memperingati Hardiknas 2 Mei 2019 digelar di lapangan kantor LPMP NTT. Seluruh ASN mengenakan busana adat daerah. Pengenaan busana adat itu merupakan implementasi dari peraturan gubernur NTT. (Dian/L6)

Komentar Anda?