Identitas Anggota DPRD Kabupaten Kupang yang  Diduga Gunakan Perjalanan Dinas Fiktif Terungkap

Identitas Anggota DPRD Kabupaten Kupang yang  Diduga Gunakan Perjalanan Dinas Fiktif Terungkap

718 Read

KUPANG– Kabag Umum Sekwan DPRD Kabupaten Kupang, Yopi Nau mengungkap lima anggota DPRD Kabupaten Kupang yang diduga menggunakan Joki perjalanan dinas. Sayangnya, dari informasi yang ia peroleh, hanya dua anggota DPRD Kabupaten Kupang yang diketahuinya.

“Menurut salah satu pegawai honorer Sekwan DPRD Kabupaten Kupang atas nama Hudson, dia Joki dari anggota DPRD Kabupaten Kupang atas nama Ferdinand Teuf. Sedangkan Yusron adalah Joki dari anggota DPRD Kabupaten Kupang atas nama Noldy Siuf,” ungkap Yopi.

Baca juga : Kunker ke Jakarta, 5 Anggota DPRD Kabupaten Kupang Diduga Pakai “Joki”

Menurut Nau, para Joki dan Anggota DPRD Kabupaten Kupang Komisi A, B dan C berangkat ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda dan Batik pada tanggal 20 Mei 2019 silam.

Modus dugaan perjalanan dinas fiktif dengan mengunakan tenaga honorer Sekretariat DPRD Kabupaten Kupang tersebut terkuak setelah salah satu pegawai honorer Sekwan DPRD Kabupaten Kupang atas nama Hudson Moy mengirim pesan di grup WA Sekwan DPRD Kabupaten Kupang saat pulang dari Jakarta.

“Turun pesawat langsung Polres Kupang masalah Joki. Kenapa saya turut serta? Ini hari beta dan Yusran, masih Bapak Samuel Nale, Bai Monas dan Astrid,” ucap Kabag Umum mengutip pesan WAG Sekwan DPRD Kabupaten Kupang yang dikirim oleh Hudson.

Setelah mendapat kabar, ia langsung menghubungi Hudson. Dari percakapan mereka, Hudson mengaku bahwa lima orang pegawai honorer Sekwan DPRD Kabupaten Kupang mejadi Joki anggota DPRD Kabupaten Kupang.

“Tidak ada PNS. Mereka semua honorer di Sekwan DPRD Kabupaten Kupang,” ujarnya.

Baca juga : Polisi Usut Dugaan Perjalanan Dinas Fiktif Anggota DPRD Kabupaten Kupang

Jika terbukti, para pelaku dijerat dengan pasal 55 KUHP dan UU RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (DIAN/L6)

Komentar Anda?