Kreativitas Ibu-Ibu PKK Desa Marokota Ciptakan Sabun Herbal

2
162

TAMBOLAKA– Untuk menambah wawasan dan penghasilan ibu PKK Desa Marokota, Sumba Barat Daya (SBD, pemerintah desa melaksanakan kegiatan pembuatan sabun cair dan padat dari bahan herbal.

Kegiatan pembuatan sabun dilaksanakan di kantor desa Marokota Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten SBD, Jumat (12/7/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh belasan ibu PKK dan TPID kecamatan Wewewa Barat.

Baca juga : Tangan Dingin Viktor Laiskodat Selesaikan Konflik Tapal Batas di SBD 

Instruktur pembuatan sabun, Rofinus Paddi mengatakan, pembuatan sabun itu untuk melatih ibu PKK guna meningkatkan pendapatn masyarakat desa.

“Ini akan berkelanjutan dan desa Marokota bisa jadi contoh untuk desa-desa yang lain,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatihan pembuatan sabun ini sudah pernah digelar oleh LSM, namun tidak ada tindak lanjut dari desa yang mendapatkan pelatihan. Hal Itu disebabkan kurangnya dukungan anggaran dan rendahnya kesadaran masyarakat mengembangkan usaha itu.

Yuliana, salah satu Ibu PKK mengaku senang dengan kegiatan pelatihan itu. Ia berharap agar pemerintah desa segera  mengadakan alat dan bahan baku pembuatan sabun, sehingga ibu-ibu PKK bisa mulai mengembangkan usahanya.

“Ini pelajaran baru dan menambah wawasan dan penghasilan kami ibu-ibu yang ada di desa,” katanya.

Sabun herbal buatan ibu-ibu PKK Desa Markota, SBD

Kepala Dsa Marokota, Siprianus Bili Wada mengatakan, untuk mendukung kegiatan itu, pemerintah desa juga akan berupaya mengadakan alat-alat dan bahan untuk pembuatan sabun.

Ia berharap kedepannya ibu PKK mampu membuat sendiri sabun cair dan padat agar  bisa dijual ke Bumdes desa Marokota, selanjutnya Bumdes akan menjualnya ke pasaran sebagai penghasilan desa.

“Selama ini masyarakat membeli sabun dari toko. Dengan adanya pelatihan cara pembuatan sabun ini, kedepan masyarakat bisa membuat sendiri dan bisa mengurangi pengeluaran uang serta bisa mempunyai penghasilan sendiri,” ia memungkasi. (Deni)

BACA JUGA :