Jadi Pemicu Kemacetan, Pedagang di Pasar Oesao Akan Ditertibkan

0
271

Foto : Pedagang menjajakan barang dagangan persis di pinggir jalan umum pasar Oesao

KUPANG-Kasat Pol PP Kabupaten Kupang, Ferry Manafe mengatakan siap menertibkan pedagang di pasar Oesao yang selama ini menjadi pemicu kemacetan di wilayah itu.

Upaya penertiban itu akan dilakukan setelah pihaknya menggelar rapat koordinasi bersama pihak terkait seperti kecamatan, kelurahan Oesao dan Polsek Kupang Timur.

“Ini sebenarnya menjadi kewenangan Disprindag, tetapi kalau kita menunggu mereka, maka kemacetan akan semakin parah,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (9/1/2020).

Ia mengatakan, penertiban itu juga akan melibatkan Polres Babau dan dinas perhubungan. “Perhubungan kita libatkan karena hal parkiran ada pada mereka,” katanya.

Sebelum melakukan penertiban, pihaknya akan menggelar sosialisasi kepada para pedagang. Sosialisasi itu dilakukan sebagai langkah persuasif.

“Kita kasih deadline dari tanggal 20. Jika ada pedagang yang masih malawan, kita akan tertibkan. Sementara yang parkiran, kewenangan perhubungan,” jelasnya. 

Ia menambahkan, untuk mengatasi pedagang nakal, Pemda Kabupaten Kupang akan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang ketentraman dan ketertiban umum. Setelah Perda diterbitkan akan disusul dengan Peraturan Bupati (Perbup) terkait sanksi adminsratif hingga pidana.

“Jika sudah ada Perda dan Perbup yang melawan kita proses dan limpahkan ke penyidik Polres,” tandasnya. (Julio Faria)