oleh

Mobil Listrik Karya Mahasiswa ITS Tiba di Labuan Bajo

LABUAN BAJO-  PT PLN (Persero) Unit Induk wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mendukung penuh perjalanan  mobil listrik karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya  (ITS). Mobil Alap-Alap elektrik UTV yang kini sedang mengelilingi beberapa kota  di indonesia itu termasuk Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar), Jumat (2/8/2019).

Setiba di Labuan Bajo, tim test drive mobil listrik dengan nama alap-alap elektrik UTV bersama enam orang yang terdiri dari 3 mahasiswa ITS dan 3 orang pejabat dari PT. PLN (Persero) Jatim, disambut baik Bupati Mabar, Agustinus Ch Dula bersama PLN ULP setempat. 

“Saya menyambut baik, kedatangan Tim Test Drive Mobil Listrik karya anak-anak bangsa ini. Secara khusus saya memberikan apresiasi terhadap para mahasiswa yang telah menciptakan inovasi baru ini,” ujarnya.

https://www.diantimur.com/2019/08/02/air-asia-mendarat-perdana-di-labuan-bajo/

Kendati hanya dijadikan tempat persinggahan, menurut bupati dua periode itu, dirinya meyakini kehadiran mobil listrik di Labuan Bajo memiliki dampak positif apabila dikaitkan dengan pariwisata dengan penerapan konsep pariwisata ramah lingkungan.

Sementara itu, General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah NTT Ignatius Rendroyoko  berpesan, PLN selalu aktif mendorong penggunaan energi listrik termasuk di sektor transportasi.

Terobosan untuk pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) khususnya mobil listrik akan sangat terasa manfaatnya karena mobil listrik ini nantinya dapat digunakan di segala medan (dalam kota dan offroad) .

“Patut untuk diuji semaksimal mungkin dengan eksplore Indonesia seperti saat ini sudah mencapai etape 6 di Labuan Bajo, NTT,”  kata Rendroyoko.

Ia mengatakan, PT PLN berkomitmen untuk mendukung dunia akademik dalam melaksanakan riset pengembangan mobil listrik agar mampu diproduksi secara massal. Selain itu, PLN juga telah menyiapkan  stasiun pengisian listrik umum (SPLU), sehingga mobil listrik atau motor listrik bisa mengisi bahan bakarnya dengan mengecas kapan pun, dimana pun dengan mudah, simple dan waktu yang singkat.

BACA JUGA:   Penjelasan Bupati Manggarai Barat Soal Tongkat Komando

Uta, salah seorang tim PLN Blits Explore Indonesia menyebutkan, kendaraan tersebut merupakan 100% karya anak bangsa serta menjadi karya yang dapat digunakan dijalanan umum.

“Misi kami dalam membawa mobil listrik  yaitu berdakwah teknologi untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, jadi kami melakukan uji mobil listrik. Kendati lanjut Uta, Tidak bisa dipungkiri, saat ini kendaraan masih pakai BBM, tapi suka tidak suka, nantinya, kita akan menggunakan mobil dengan energi listrik,” tukasnya.

https://www.diantimur.com/2019/07/31/produksi-sampah-di-labuan-bajo-128-ton-per-hari/

Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) Labuan Bajo, Dwi Ayu Puspitaningtyas, mengatakan usai berkeliling kota Labuan Bajo, mobil listrik ini akan menuju Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi, dan finish di Jakarta.

Sebelumnya mobil listrik sudah melewati beberapa etape yakni, Surabaya, Budiluhur Jakarta, Palembang, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak (Pulau Kalimantan), Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makasar (Pulau Sulawesi), Kendari, Manado, Ternate, Sorong (Papua), Manokwari, Jayapura dan Marauke. (Louis/Dian)

Komentar