oleh

Akhir Pelarian Pelaku Penipuan dan Penggelapan Mobil di Kupang

KUPANG– Kepolisian Resort Kupang Kota menangkap seorang pelaku kasus penipuan dan penggelapan yang telah menjadi Daftar Pencarian Orang ( DPO) selama 2 tahun.

Pelaku dibekuk lantaran tersangkut kasus penipuan sejumlah mobil dan perumahan 2017 silam.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti mengatakan, pelaku bernama Rafi Fiky (35). Ia dibekuk pada Kamis (21/8/2019) malam sekitar pukul 22.00 Wita, di Jalan Poros Taman Subian Indah Kecamatan Bireng Kanaya, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan oleh aparat Buser Sat Reskrim Polres Kupang Kota.

Usai ditangkap, pelaku diterbangkan dari Makassar menuju Kota Kupang pada Jumat (23/8/2019) malam.

Selain pelaku, polisi juga membawa serta istri korban bernama Sri. Ia dimintai keterangannya sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Pelaku berhasil ditangkap berkat kerja sama Polres Kupang Kota dengan tim khusus Dit Reskrim Polda Sulawesi Selatan,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (24/8/2019).

Di tangan pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya 45 Lembar STNK mobil, 18 fotocopy sertifikat tanah dan 1 Bundel surat permohonan aset dan sejumlah ATM serta beberapa buku tabungan bank.

Polres Kupang Kota telah menerima sebanyak 11 laporan polisi terkait kasus yang diduga dilakukan pelaku sejak 2017 lalu.

“Selanjutnya kami lakukan penyidikan karena pelaku merupakan DPO. Untik istri pelaku diperiksa sebagai saksi,” katanya.

Ia menambahkan, polisi membuka kesempatan bagi warga Kota Kupang yang merasa menjadi korban penipuan pelaku untuk segera melaporkannya ke Mapolres Kupang Kota.

“Total laporan polisi yang diterima Polda NTT sekitar 19 laporan dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah,” tandasnya.

Pelaku dijerat pasal 372 KUHP dan 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun. (DIAN/L6)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.