oleh

Nyaris Ambruk, Warga Minta Pemerintah Segera Perbaiki Jembatan Wakasa

Foto : Kondisi jembatan Wakasa

MBAY-Jembatan Wakasa Menuju trans Mbay-Maumere dan RSD Aeramo yang terletak di wilayah Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Ngaekeo, Provinsi NTT, nyaris putus setelah hujan deras pada tahun 2018 lalu. Ironisnya, hingga kini belum ada perbaikan dari pemerintah.

Bagian sisi kiri dan kanan jembatan mengalami abrasi usai diterjang aliran air. Bukan hanya itu, permukaan jembatan juga sudah berlubang sebesar satu meter persegi. Jika tidak diperbaiki segera, bukan tidak mungkin kerusakan jembatan ini akan bertambah parah bahkan membuat akses ke Rumah Sakit Daerah (RSD) Aeramo dan sekitarnya akan lumpuh total.

“Volume air meningkat drastis saat musim hujan tahun lalu, sehingga sisi kiri kanan pada jembatan rusak parah,” ujar salah satu warga, Aris Jawa kepada wartawan, Senin (11/11).

Ia berharap pemerintah daerah segera memperbaiki jembatan yang telah berumur 10 tahun itu sebelum memasuki musim hujan. Jika tidak, jembatan akan ambruk.

“Ketika air deras menerjang, tanah di pinggiran sungai tergerus dan mengalami abrasi. Lama kelamaan, sudah jelasnya tanah yang ada di sekitar jembatan itu menjadi erosi sampai longsor ke bagian tanah penyangga tiang jembatan dan akhirnya ambruk,” jelasnya. (Arkadius Togo)

Komentar