oleh

Ikut Wisuda Anaknya di Makasar, Seorang Guru di NTT Terkonfirmasi Positif Covid-19


LABUAN BAJO- Satu lagi warga asal Kampung Ranggat, Desa Wae Wolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, terkomfirmasi positif Covid-19.

Pasien tersebut diketahui berinisial, MGD (50). Ia merupakan seorang guru yang baru pulang mengikuti acara wisuda anaknya di Makassar, Sulawesi Selatan pada 23 juni 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mabar Paulus Mami, mengatakan, MGD dinyatakan positif setelah menjalani pemeriksaan swab test cepat molekuler (TCM) di RSUD Komodo Labuan Bajo, Rabu (8/7/2020). 

“Saat ini, pasien sudah ditempatkan di rumah karantina terpadu Pemkab Mabar di Labuan Bajo,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

Dia menjelaskan, sebelum menjalani swab test cepat molekuler (TCM) di RSUD Komodo, MGD menjalani rapid test di Puskesmas Werang. Pemeriksaan rapid test dilakukan mengingat MGD pernah melakukan perjalanan ke Makassar.

Hasilnya, ia dinyatakan reaktif rapid test
MGD kemudian dijemput dan ditempatkan di rumah karantina terpadu Pemkab Mabar di Labuan Bajo. Setelah menjalani pemeriksaan swab test, ia dinyatakan positif covid-19.

Informasi yang dihimpun media ini, Minggu, 22 Maret 2020, MGD meninggalkan Manggarai Barat menuju Makassar dalam rangka wisuda anaknya. Ia berada di Makasar hampir tiga bulan lamanya. 

Pada 23 Juni 2020, MGD kembali ke Manggarai Barat menggunakan Kapal Sangkepalangga. Sebelum meninggalkan Makassar, MGD menjalani rapid test dengan hasil non reaktif.

MGD tiba di Mabar pada Sabtu, (27/6/2020) dan menjalani rapid test di Puskesmas Werang dengan hasil reaktif. Ia lalu menjalani swab test dan dinyatakan positif covid-19. 

Reporter: Yopie Moon

Editor: Ola Keda