oleh

Cegah Abrasi, TNI Gandeng Pelajar Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Borong


BORONG– Koramil 1612-04 Borong bersama pelajar Mas Alhidayah dan masyarakat menggelar karya bakti penanaman mangrove di pesisir pantai Borong, Kabupaten Manggarai Timur (NTT), Kamis (19/11/2020).

Penanaman mangrove itu dipimpin langsung Danramil Borong, Kapten Infantri Zainudin berlangsung di area pesisir pantai pelabuhan Borong, Kelurahan Kota Ndora, kecamatan Borong.

Danramil Borong, Kapten Infantri Zainudin mengajak masyarakat dengan pemerintah daerah (Pemda) agar lebih peduli lingkungan terutama di wilayah pesisir pantai. Karena menurut dia, akhir-keadaan di bibir pantai pelabuhan Borong sangat memprihatinkan.

“Ini inisiatif saya bekerja sama dengan lurah dan instansi terkait untuk menata serta menghidupkan kembali pohon mangrove yang rusak akibat¬† abrasi maupun omanusia,” ujarnya.¬†

Ia mengatakan, ada 800 anakan pohon mangrove yang ditanam dengan luas lahan kurang lebih satu hektar. Ia berharap kegiatan karya bakti ini bisa diikuti oleh para pencinta lingkungan agar pesisir pantai dapat dijadikan tempat pariwisata dan tempat rekreasi bagi semua orang.

“Harapannya mangrove yang ditanam bisa bertumbuh untuk dapat menahan abrasi akibat gelombang air laut, selain itu juga sebagai habitat untuk berkembang biak binatang laut,” tandasnya. (Yopie Moon)

loading...