oleh

Perjuangan OMK Paroki Betun Bantu Korban Bencana Banjir Malaka


MALAKA– Pasca banjir bandang menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Malaka, Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santa Maria Fatima Betun giat menangani korban bencana banjir Malaka. 

Sejak Minggu 4 April 2021, sebanyak 449 jiwa mengungsi di tempat penampungan dekenat Malaka. Saat itu juga, OMK langsung turun tangan menangani warga terdampak. Giat ini dipantau langsung Pastor Paroki Santa Maria Fatima Betun sekaligus Deken Malaka, Rm. Drs. Edmundus Sako, Pr. 

Baca juga: Air Mata Korban Bencana di Malaka, Dipulangkan Meski Belum Ada Rumah

Penanganan korban banjir dikoordinir tiga Pastor Muda, Rm. Yanto Bere, Pr, Rm. Marsel Nai Key, Pr dan Rm. Yudel Neno, Pr. Sementara tugas koordinir ini dipercayakan langsung oleh Pastor Paroki Betun.

Warga yang menginap di tempat penampungan panggung tahbisan Dekenat Malaka, selalu diberi makan tiga kali sehari dengan kualitas makanan higenis. 

Selain menyiapkan makan minum, OMK Paroki Betun juga mendistribusikan bantuan sembako dan pakaian, sampai ke 11 tempat penampungan lainnya. Sumber material dan finansial didapatkan dari para donatur dari berbagai penjuru. 

Untuk distribusi bantuan, hingga saat ini, OMK Paroki Betun sudah melayani 989 KK yang terdampak banjir mulai. Sampai saat ini, OMK Paroki Betun masih giat menyiapkan material untuk didistribusikan ke para korban yang belum tersentuh. 

Rm. Yanto Bere, Pr selaku koordinator utama menyampaikan perhormatan yang luar biasa untuk rekan-rekan OMK Paroki Betun serta untuk beberapa OMK dari Paroki lain yang turut berjibaku. 

Baca juga: Dipulangkan Pemda, Korban Bencana di Malaka Terpaksa Konsumsi Air Kotor

Ia mengatakan, orang muda sudah berkorban dan memberi diri seutuhnya dalam rasa kemanusiaan, melayani sesama saudara yang mengalami musibah. Mereka berani meninggalkan kesibukan dan kesenangan mereka untuk masuk dalam relawan kemanusiaan.

“Terima kasih untuk semua pihak yang sudah membantu meringankan tugas OMK dengan beberapa sumbangan demi memenuhi kebutuhan para korban,” ujarnya. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Rm. Yudel Neno, Pr, moderator OMK Paroki Betun. Ia berharap, agar rekan-rekan OMK tetap semangat memberi perhatian kepada para korban. 

“Terima kasih juga untuk Pemda Malaka, TNI-Polri, tenaga medis, para relawan dan wartawan atas kerja sama yang baik mengurus para korban,” tandasnya. (Laporan Reporter Dian Timur.com, Nofry Laka)