oleh

Dinas Pertanian Matim Lakukan Pengendalian Hama Belalang Kembara

Borong – Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur (Matim),NTT. Gencar dalam pengendalian Hama Belalang Kembara di lahan pertanian Warga.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur, Jhon Sentis, melalui Ade Manubelu, Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura.

“Pemerintah tidak tinggal diam, kami sudah berusaha lakukan pengendalian dengan penyemprotan obat pembasmi Hama, di lahan Pertanian Warga”, ujar Manubelu, Selasa (22/6/2021).

Menurutnya, karakteristik dari belalang Kembara tidak tetap. Dia berpindah-pindah. Bahkan bermigrasi antar Pulau.

“Kami sudah lakukan pengendalian, pada malam hari. Karena pengendalian pada siang hari tidak efektif. Karena bisa saja Hamanya berpindah – pindah”, ucapnya.

Manubelu menambahkan, dalam proses pengendalian pada malam hari, pihaknya berkerjasama dengan Petani. Untuk bisa lakukan penyemprotan.

“Dinas memfasilitasi obat dan peralatan dalam pengendalian. Kerjasama dengan Petani juga sangat diperlukan”, tambahnya.

Dia berharap wabah Belalang Kembara cepat berlalu. Dia juga menyarankan untuk para Petani, agar di Sawah bisa digenangi air. Agar Belalang nya tidak bisa bertelur.

Dia menginformasikan, titik terparah dari serangan Hama Belalang Kembara di Manggarai Timur, terjadi di perkebunan jagung desa Compang Ndejing.

“Kami tetap berusaha bersama Petani. Tim kami akan selalu siaga dalam pengendalian Malam hari”, tutupnya. (Yopie Moon)