oleh

Harapan Bupati Agas Untuk Dua Desa Cantik di Matim

Borong – Bupati Manggarai Timur (Matim), Andreas Agas, launching dua desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Kamis, (24/6/2020), di Aula Rumah Jabatan Bupati.

Desa Nanga Labang, kecamatan Borong dan Desa Watu Mori, kecamatan Rana Mese. Merupakan dua dari tiga desa di Provinsi NTT, yang dipilih sebagai Desa Cantik oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat.

Bupati Agas dalam sambutannya, berharap kedua desa ini diharapkan menjadi desa percontohan atas penyelenggaraan data sektoral yang lebih terstruktur, lebih terencana, lebih cepat, lebih mudah dan lebih berkualitas di masa yang akan datang.

“Jaman sekarang ini segala sesuatunya harus berbasis data, termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan. Desa akan maju jika semua kegiatan dimulai dengan data”, ujarnya.

Dia minta BPS bersungguh-sungguh mendampingi desa dalam pelaksanaan program ini terutama dalam pemahaman mengenai pencatatan dan statistik.

Lebih lanjut Bupati Agas menyampaikan bahwa pencatatan adalah sebuah keharusan untuk mendapatkan data yang akurat.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Manggarai Timur, Angela Regina Maria Wea.

Dalam laporannya, Regina sampaikan Kementerian Badan Pusat Statistik Pusat, telah merekapitulasi, dalam prioritas desa cinta statistik. Desa Cantik, merupakan program BPS di tahun 2021.

“Dua desa di kabupaten Matim, termasuk desa terpilih berdasarkan rekomendasi BPS Pusat. Dari jumlah seratus lebih desa yang terpilih. Di propinsi NTT ada tiga desa. Dua desa diantaranya ada di Kabupaten Manggarai Timur”, tandasnya.
(Yopie Moon)