oleh

Ayo, Dukung Kampung Adat Lewokluok Flotim di Ajang API Award Tahun 2021

Foto : Kepala dinas Pariwisata Flotim, Petrus Pamang Liku, saat Potong Hewan Ritual Adat

Larantuka – Kampung adat Lewokluok, masuk ajang Anugrah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2021, dari ajang kampung adat se- Indonesia.

Nikmati pesona budaya dan tradisi Lewoklouk, rombongan dari Anunegera Pesona Indonesia. (API) Award tahun 2021 tiba di desa adat itu sekitar jam 16. 30. Wita. Minggu, (12/9/2021).

Tim yang API Award yang diketuai oleh Hiro Kristianto itu, berjumlah 14 orang.

Rombongam di sambut secara adat setempat. Tampak pula Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Flores Timur Petrus Pemang Liku, bersama rombongan.

Kepada Wartawan, Hiro sampaikan kekagumannya atas keindahan alam serta tradisi yang ada di desa itu.

“Saya membayangkan orangnya serem. Ternyata keramahan membuat suasana akrab”, ungkap Hiro.

Dia menambahkan, saatnya  Flores Timur  bangkit untuk mampu bersaing dengan daerah – daerah lain . Tahun  2020 Flores Timur Punya Meko dan masuk dalam nominasi API Award juara dua. 

“Semoga tahun ini, tahun emasnya Flotim dengan memboyong puncak dari ajang Kampung Adat se indonesia di API Award Tahun 2021, yakni Desa Adat Lewokluok”, tambahnya.

Hiro juga mengajak untuk seluruh masyrakat  NTT, Khususnya Flores Timur di waktu yang sisa ini untuk memberi dukungan dengan cara sms,” ketik  Api  (spasi) 11 j kirim ke 99386.

Hiro Kristianto juga mengajak para wisatawan dari luar NTT untuk jalan jalan  ke Kampung adat Lewokluok.

“Ayo Jalan Jalan ke Kampung Adat Lewokluok Kabupaten Flores Timur”, ajak Hiro.

Hal serupa disampaikan Kadis Pariwisata dan Budaya Pemang Liku. Ia katakan,  Kampung Adat Lewokluok, Kecamatan  Demong Pagong, Flores Timur ikut dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) AWARD Tahun 2021.

“Merupakan sebuah lembaga Promosi Pariwisata Indonesia yang  bermitra dengan  pemerintah, yang telah lama berkiprah dalam Kategori Kampung Adat Terpopuler”, jelasnya.

Dia menginformasikan saat ini  dari penilaian sementara  dukungan suara sampai  kemarin masuk dalam nominasi
6 besar Kampung Adat Terpopuler se Indonesia.

Kadis Petrus Pemang Liku
mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi mendukung Desa adat Lewokluok. Di mana  satu satu nya desa di Propinsi NTT yang terus  berlomba, dari waktu ke waktu untuk  mendapatkan  penghargaan tertinggi. dengan peserta dari 5 propinsi  lainnya dalam Ajang  API Award Tahun 2021.

“Sebelum vote dukungan ditutup pada 31 Oktober mendatang, hari ini tim dari API Award melakukan penilaian lapangan langsung.
Masyarakat Flores  Timur  tentu tidak mau kalah  bersaing memperoleh tempat yang  terpopuler”, terangnya.

Menurutnya masih ada kesempatan untuk Lewkluok, semua diajak memberikan dukungan dengan memanfaatkan android  kita masing masing dengan cara    SMS, ketik  Api  (spasi) 11 j kirim ke 99386.

Pada kesempatan yang sama Rombongan API dari Jakarta di sajikan kuliner lokal yang beragam, kopi dan teh yang hangat, serta senyum manis ibu-ibu.

Benar -benar merakyat dan menjadi bagian dari kegembiraan hidup. Produk-produk tenunan yang ditawarkan pun menarik  untuk di belanja. Kristina Hayon, sang pimpinan sanggar Lino Lina pun tersenyum gembira. Jerih payahnya bersama ibu-ibu lainnya dalam membangun sanggar tenun ikat yang representatif kini mulai membuahkan hasil.

“Saatnya kami mulai panen, pak!”
ungkapnya senang.

Ya, pada akhirnya kita akan memanen apa yang kita tanam. Niat baik dan usaha baik niscaya melahirkan panenan yang baik dan mencukupi.

Terima kasih untuk seluruh lapisan masyrakata atas dukungannya yang total dan nyata untuk kampung adat Lewokluok, untuk pariwisata Flores Timur.

Tetap dukung Kampung Adat Lewokluok dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2021, dengan mengirimkan sms : ketik API(spasi)11J kirim ke 99386.

“Terima kasih telah menjadi bagian dari usaha memajukan Flores Timur lewat wisata dan budaya”, tutup Kris Hayon.
(Bram muda)